Simak Bahaya Penyakit Cacingan Pada Anak

Masalah gizi pada anak tidak hanya disebabkan oleh kurangnya asupan makanan pada bayi. Ketidaktahuan orang tua tentang gizi seimbang dengan kemiskinan juga menjadi penyebab masalah gizi. Selain itu, ada masalah lain, yaitu masalah gizi bisa terpengaruh karena anak terkena cacingan.

Anak harus minum obat melawan cacing sehingga cacing perut bisa hancur. Karena anak lebih rentan terhadap masalah ini dengan pola bermain dengan teman mereka.

"Pokoknya, cara melancarkan haid melihat anak-anak bermain dengan tanah bersama teman mereka dipaksa memberikan obat itu ke cacing," kata Fasli Jalal, anggota Dewan Kesehatan Indonesia (FGMI), dalam sebuah percakapan di Jakarta, dikutip dari JavaPos, Jumat. (26/1/2018).

Menurut Fasli, cacing juga bisa menjadi faktor yang menyebabkan masalah gizi dan stunting pada anak kecil. Karena itu, asupan jus makanan yang dikonsumsi tubuh juga dirusak oleh cacing.

"Sanitasi yang buruk membuat anak lebih rentan terhadap cacing, jadi semua ibu saat kita masih kecil seharusnya diberi obat ke cacing," katanya.

Fasli menceritakan pengalamannya dalam penyelidikan cacing di perut anak-anak di daerah terpencil dengan kebersihan yang buruk. Pada malam hari, anak-anak sengaja diberi obat cacing. Saat anak buang air besar di pagi hari, cacing menjadi mudah terjerat.

"Kami menghitung berapa banyak cacing di perut anak." Bayangkan ada ratusan cacing dari semua anak yang telah diberi obat melawan cacing di malam hari, "kata Fasli.

Menurutnya, ada beberapa jenis cacing yang ditemukan di perut anak, mulai dari cacing usus sampai cacing tambang.

Cacing bulat, yang hidup sebagai parasit di usus halus, sehingga mereka membawa nutrisi bermanfaat bagi tubuh kita, namun menyebabkan kerusakan pada lapisan usus.

Whipworms juga menyedot jus dari makanan yang kita makan. Dia menyebalkan darah dan hidup di usus besar.

Cacing tambang adalah cacing yang paling ganas, karena mengisap darah. Cacing tambang ini menyebabkan lesi pada permukaan usus. Kemudian cacing itu sangat kecil dan putih dan gatal di anus anak.

"Karena itu, cara mengatasinya juga sesuai fase dan siklus menstruasi dengan lingkungan dan sanitasi yang baik bisa terlindungi untuk anak-anak," kata Fasli.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kulit Dari 6 Buah-Buahan Ini Bermanfaat Untuk Kesehatan, Lho!

3 Cara Untuk Mencegah Kanker Kulit Sejak Dini