Kulit Dari 6 Buah-Buahan Ini Bermanfaat Untuk Kesehatan, Lho!

Apa yang kamu lakukan ketika kamu pergi makan pisang? Buka kulit Anda dan segera buang. Bahkan, kulit pisang menurut penelitian terbukti memiliki banyak manfaat tersembunyi, meski sering dilupakan.

Selain kulit pisang, beberapa kulit buah juga memiliki kandungan nutrisi yang tidak kurang bermanfaat dibandingkan dengan ampasnya. Namun sayangnya hal ini tidak diketahui oleh orang, sehingga masih banyak yang membuang kulit buah begitu saja.

Secara umum, ada beberapa jenis buah yang bisa dimakan bersama kulit, sebut saja apel. Meski begitu, ada banyak jenis kulit yang tidak bisa dicerna dari tubuh manusia begitu saja. Karena itu, umumnya kulit buah tersebut diolah menjadi ekstrak nutrisi dalam bentuk kapsul.

Dilansir dari pergikuliner.com, Jumat (20/4), brilio.net sudah merangkum 6 jenis buah yang kulitnya tidak kurang bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan.

1. Pisang

Seperti disebutkan di atas, diketahui bahwa kulit pisang memiliki kandungan nutrisi dan daging pisang. Bahkan beberapa waktu lalu ada kecenderungan untuk makan pisang langsung dengan kulit mereka. Kulit pisang itu sendiri seharusnya mengandung karbohidrat, tinggi vitamin B6, B12, magnesium dan kalium. Dimana isinya tidak jauh berbeda dengan pisang itu sendiri. Ketika kulit pisang mulai gelap, kandungan gula di dalamnya akan lebih tinggi.

2. Manggis.

Ya, buah ini terkenal dengan iklan untuk produk vitamin yang menggunakan ekstrak kulit manggis, karena bahan utama kulit ini sudah dikenal karena kandungan gizinya yang tinggi. Sebenarnya, kecenderungan memakan kulit buah manggis baru mulai mekar selama beberapa tahun. Kulit manggis yang tidak bisa langsung dimakan hanya membuatnya lebih banyak dijual dalam bentuk pil atau kapsul. Kulit buah ini mengandung senyawa xanthone yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dari vitamin C dan E. Xanthone adalah bahan aktif yang bersifat antikanker dan antioksidan.

3. Kiwi.

Tekstur kulit kiwi yang memiliki serat halus seperti rambut dapat membuat Anda memilih untuk makan tanpa kulit. Tapi ternyata kandungan nutrisi dalam buah kiwi yang kaya vitamin C dan E, serotonin disebutkan dan kalium akan lebih tinggi jika dikonsumsi langsung dengan kulit.

4. Buah naga.

Kulit buah ini tidak mungkin dimakan langsung seperti ini. Karena itu, biasanya ekstrak kulit naga dibuat ekstrak. Pengolahannya mirip dengan membuat ekstrak kulit manggis. Pertama, potong kulit buah naga yang telah dicuci sebelumnya. Lalu keringkan selama 1-2 hari, lalu lakukan dengan air panas untuk diminum. Kulit buah naga kering mengandung zat aktif yang dapat mencegah pertumbuhan sel tumor dan melembabkan kulit.

5. Semangka.

Ternyata crystal x bukan hanya bagian daging merah semangka yang bermanfaat bagi tubuh, tetapi bagian putih dan kulit semangka juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Beberapa penelitian kecil menyebutkan bahwa citrulline asam amino dalam kulit semangka dapat meningkatkan fungsi seksual pada pria, mengontrol tekanan darah tinggi dan memperbaiki fungsi prostat.

6. Ubi jalar.
Kulit ubi jalar dianggap memiliki kandungan karbohidrat lebih baik daripada beras, sehingga tidak mengherankan jika beberapa orang di sana memakannya sebagai pengganti nasi. Nah, ternyata manfaat ubi jalar akan disebutkan akan lebih tinggi jika dikonsumsi bersamaan dengan kulit. Kentang manis yang diketahui mengandung asam kafein yang memiliki tingkat antioksidan tinggi. Asam kafein juga dapat digunakan untuk melindungi terhadap virus dan mencegah proliferasi sel kanker.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Cara Untuk Mencegah Kanker Kulit Sejak Dini

Simak Bahaya Penyakit Cacingan Pada Anak